Jumat, 25 November 2016

Donor Darah Gratis tapi minta darah bayar, Kenapa?

Ketika sedang santai di desa terjadi percakapan antar rekan yang bicara mengenai donor darah, yang berujung dengan pertanyaan kenapa ketika donor darah gratis alias tidak diberi imbalan (secara umum) dan ketika orang memerlukan darah dikenai biaya alias bayar darah dimaksud? Padahal dalam slogan PMI dikatakan bahwa setetes darah anda, nyawa bagi sesama. Saat ini kisaran harga satu kantong darah adalah sekitar Rp. 360.000/Kantong. Padahal ketika donor ya sepertinya suka rela.
Setelah bertanya kepada rekan yang baik hati kepada rekan bernama dokter Nur Ekasari dijawab secara bebas seperti ini “Yaaa....utk simpen darah kan butuh kantong....utk memisahkan zat-zat dlm darah n skreeningnya butuh spesimen2 n alat2 khusus jg buat nyimpen di PMI pake kulkas yg membutuhkan listrik jg....hehehe”
Sedikit lebih mengulas untuk diketahui bahwa pada saat ini Indonesia belum mampu memproduksi kantong darah sehingga masih dilakukan impor dalam pengadaannya. Dengan pengadaan yang masih impor maka biaya nya lebih mahal dan usaha untuk menekan harga kantong darah maka PMI akan membangun pabrik kantung darah di Kp. Pamahan, RT. 014/06, Desa Jatireja, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat

Pada dasarnya untuk darah adalah gratis, sedangkan yang di bayar adalah Componen Cost atau BPPD. Apakah BPPB? BPPD merupakan singkatan dari Biaya Penggantian Pengolahan Darah.
Komponen yang dibayar adalah
Kantong darah dan alat sekali pakai seperti kapas, alkohol jarum selang dll yang sering disebut alat disposable.
Cek Kesehatan Pendonor Darah seperti berat badan, Tekanan darah, HB dan yang lain. Coba anda kalkulasi kalau anda cek kesehatan. J
Cek Penyakit Menular penyakit MENULAR.
Dari World Health Organisation alias WHO, HIV, SYPHILIS atau RAJA SINGA atau TREPONEMA, HEPATITIS B dan HEPATITIS C. merupakan penyakit yang di screening.
Proses Komponen Darah. FYI, darah yang didonorkan tidak berhenti dalam bentuk darah merah itu saja, melainkan diproses lagi.

Sekarang sudah tau kenapa ada biaya ketika memerlukan darah atau tranfusi darah atau yang lain berkaitan dengan permintaan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar