Kamis, 24 November 2016

Mandi setelah kehujanan

Indonesia merupakan negara tropis yang mana secara umum mengalami dua musim yaitu musim hujan dan musim panas, pada saat musim penghujan umumnya hampir setiap minggu terjadi hujan, baik hujan rintik rintik atau sekedar gerimis, ujan sedang bahkan hujan lebat. Dengan kondisi musim yang seperti ini sangat sedikit sekali orang indonesia yang selama hidupnya tidak pernah kehujanan. Umumnya terkena air hujan.  Atau bahkan pada masa anak-anak bermain air hujan dengan sengaja dan basah kuyub terkena hujan. Entah pulang sekolah, entah saat bermain ataupun ketika musim liburan.
Apa yang harus dilakukan ketika terkena air hujan? Dalam jumlah yang banyak atau hanya sekedar basah? Dan kenapa sebaiknya dilakukan? Baiklah, Ketika badan kita terkena oleh air hujan maka secara mendadak badan atau tubuh kita mengalami perubahan suhu dengan drastis. Yaitu dari suhu badan yang hangat menjadi berubah secara cepat menjadi dingin. Ketika perubahan drastis dan cepat ini terjadi menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit.

Kenapa setelah kehujanan banyak mengalami demam atau pusing atau malah keduanya dialami setelah terkena hujan? Dan kenapa anak-anak yang sengaja bermain hujan malah kadang lebih terjaga dari pusing dan demam?
Secara teoritis demam disebabkan karena perubahan dari perubahan ke suhu dingin yang cepat dan mendadak serta ekstrim yang membuat kekebalan tubuh bereaksi dan membuat pembuluh darah menjadi sempit, selain itu juga pada saat musim dingin virus virus lebih mudah menyerang ketika kondisi badan secara pertahanan kesehatan menurun.
Selanjutnya untuk anak yang sengaja berhujan ria lebih kuat dalam damam dan pusing ternyata secara anatomi tubuh ketika sengaja untuk bermain hujan maka tubuh sudah merespon dan menganalisa kemungkinan hawa dingin yang akan menerpa sehingga dikeluarkan hawa hangat untuk antisipasi dengan kondisi drastis kedinginan karena hujan untuk memberikan keseimbangan panas tubuh yang normal.
Tips setelah kehujanan.
  1. Segera basuh / guyur atau mandi dengan air hangat atau air bersih non air hujan yang berguna untuk segera mengembalikan kondisi tubuh yang dingin menjadi normal.
  2. Memakai pakaian kering
  3. Minum air hangat/the hangat.
Selain itu berolah raga secara teratur walaupun musim hujan juga baik untuk menjaga vitalitas dan sistem imunitas tubuh menjadikan badan lebih sehat kuat dalam menghadapi cuaca pancaroba.
Demikian untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta apa saran yang sebaiknya dilakukan setelah mengalami kehujanan sehingga kesehatan lebih terjaga dan bisa beraktivitas dengan baik tanpa gangguan flu demam panas atau penyakit lain yang dampak dari kehujanan.
Untuk tambahan pengetahuan, zat apa saja yang terkandung dalam air hujan? Sebenarnya Kandungan air hujan lumrahnya terdiri dari 99.9 persen air atau dalam bahasa kimia disebut dengan massa H2O, sisanya yaitu zat-zat lain semisal asam sulfat, asam nitrat, dan senyawa lain yang berasal dari gunung berapi atau berasal dari limbah  industri. Karbon berbentuk abu ringan termasuk juga silika juga bisa terkandung dalam air hujan.
Bolehkah air hujan diminum langsung? Tinjauan klinis maupun kesehatan sebenarnya meminum air hujan secara langsung diperbolehkan selama memang langsung dari air hujan tidak melewati genteng atau talang maupun benda benda lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar